How Keywords Work on Adwords
Keywords yang kita gunakan
digunakan untuk memunculkan iklan kita pada pelanggan. Memilih keyword yang
memiliki kualitas yang bagus, relevant dengan iklan kita akan membantu kita
mendapat pelanggan.
Untuk menampilkan iklan kita pada
hasil pencarian, kita harus menggunakan keyword yang mungkin akan digunakan
oleh calon pelanggan untuk mencari produk yang kita tawarkan. Atau kata kunci
tersebut harus relevant dengan apa yang kita tawarkan.
Contoh :
Jika kita menjual sepatu, maka kita
dapat menambahkan “beli sepatu murah” sebagai keyword kita.
Kita juga dapat menggunakan
negative keywords. Maksud dari negative keyword disini adalah mencegah iklan
kita muncul pada hasil pencarian dengan keyword yang tidak kita inginkan, jadi
iklan kita tidak akan muncul pada saat pelanggan menggunakan kata kunci yang
kita tidak inginkan. Teknik ini dapat kita gunakan untuk mengurangi biaya iklan
kita.
Keyword Quality
Tentunya kita ingin memiliki sebuah keyword yang relevant dan
berkualitas tinggi. Karena jika kita menggunakan keywords yang terlalu umum
akan susah untuk meraih pelanggan.
Tips
1. Pilihlah Keyword dengan hati-hati
Gunakanlah keyword yang mungkin akan pelanggan gunakan untuk
mencari produk yang
kita tawarkan.
2. Mengelompokkan keyword.
Cobalah untuk mengelompokkan keyword.
Contoh :
Jika kita menjual cincin, kelompokkan keyword untuk cincin
pertunangan dan cincin
pernikahan. Dengan begitu kita mempunyai keyword yang
spesifik untuk cincin
pertunangan dan cincin pernikahan.
Keyword Bidding
Keyword juga menentukan berapa banyak kita harus membayar.
Setiap keyword mempunyai biaya sendiri. Hal ini menetapkan jumlah maksimal yang
ingin kita bayar ketika seseorang mengklik iklan kita. Ini disebut maximum cost-per-click.
Tip
Jika
masih pemula dalam menggunakan Adwords, ada baiknya jika kita menggunakan automatic
bidding. Dengan begitu, kita hanya perlu menetapkan target anggaran 30 hari dan
Adwords yang akan menetapkan penawaran kita yang bertujuan untuk menetapkan
iklah kita di klik sesuai anggaran yang telah kita tetapkan.
Keyword Matching
Type
Terdapat 4 jenis pada keyword matching option. 4 Pilihan ini
dapat mempermudah kita untuk memilih keyword yang akan kita gunakan. Untuk
menggunakan keyword matching option kita cukup menambahkan tanda baca yang
tepat pada keyword kita
Broad Match : Keyword
Memungkinkan iklan kita
muncul dengan frase serupa dan variasi yang relevant.
Ini adalah pilihan default. Jika
iklan kita mengandung kata kunci ‘sepatu tenis’ maka iklan anda akan muncul
ketika orang melakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci ‘sepatu’ atau ‘tenis’
atau keduanya.
Phrase Match
Jika
keyword kita menggunakan tanda kutip seperti “sepatu tenis” iklan kita, maka
iklan kita akan tampil ketika orang mencari menggunakan frase sepatu tenis. Iklan kita juga akan bisa tampil dalam frase
yang panjang selama itu mencakup frase yang kita miliki.
Iklan tidak akan muncul pada pencarian :
Exact Match
Jika
kita menggunakan tanda kurung pada kata kunci kita seperti [sepatu tenis] maka
iklan kita hanya akan muncul jika ada orang yang melakukan pencarian dengan
mengetikkan sepatu tenis.
Negative Match
Jika kita menggunakan keyword
‘sepatu tenis’ dan menambahkan negative keyword seperti ‘-bekas’ maka iklan
kita tidak akan tampil pada pencarian sepatu tenis yang mengandung kata ‘bekas’
langsung ane praktekin suhu, makasih infonya
BalasHapus