Pengoptimalan SEO secara Off Page
Sebenarnya blog sangat friendly dengan search engine, Anda cukup mengoptimasi SEO secara on page dengan tepat maka blog Anda akan mendapat tempat yang terhormat di search engine.
Namun saat ini juga banyak bermunculan ratusan bahkan ribuan blog setiap harinya. Dimana di antaranya pasti ada menggunakan kata kunci yang sama seperti kata kunci yang Anda gunakan untuk blog Anda.
Jadi solusi kedua untuk lebih mengoptimalkan blog Anda agar mampu berkompetisi di jajaran papan atas search engine adalah melalui teknik SEO off page.
SEO off page adalah mengoptimasi kata kunci diluar blog kita. Banyak cara untuk mengoptimasi kata kunci yang ditarget di luar blog Anda. Berikut ini adalah langkah-langkah yang menurut saya efektif :
·         Backlink. Backlink adalah link yang berada pada sebuah situs yang mengarah pada situs anda. Backlink dalam search engine bisa diartikan seperti vote. Maka dari itu banyak orang yang mencari backlink agar situs mereka mendapatkan vote yang banyak untuk memperoleh hasil yang bagus di mata search engine.
Namun berhati-hatilah dalam melakukan backlink. Jangan sembarang memilih backlink. Karena akan berdampak buruk pada situs kita nantinya.
Lebih disarankan untuk mencari backlink yang berasal dari situs yang mempunyai PR (Page Rank) yang bagus dan memiliki topic yang sama dengan situs yang kita buat. Kenapa? Karena search engine akan beranggapan “situs yang memiliki page rank bagus mau memberikan link kepada situs kita, itu berarti situs kita memiliki informasi yang bagus”
·         Berikan komentar dengan Anchor Text Link. Seperti yang sudah pernah kita bahas sebelumnya mengenai pengertian anchor text. Bagi kalian yang belum mengetahui apa itu anchor text bisa anda lihat di 
Pengertian Anchor text dan Link Building. Berikan komentar pada blog lain yang masih relevan dengan tema blog kita dan jangan lupa menaruh anchor text yang berupa link yang mengarah ke situs anda. Tapi jangan asal memberikan komentar, karena bisa dianggap spamming nanti. Berikanlah komentar yang baik dan benar J
·         Memanfaatkan situs jejaring social. Kita juga harus bisa memanfaatkan situs jejaring social yang sudah ternama, seperti Facebook, Twitter, Google+ dll
Promosikanlah situs anda, dengan begitu akan mempermudah anda untuk mendapatkan traffic yang bagus.
Nah… itulah langkah-langkah optimasi SEO secara off page yang bisa Anda optimalkan. Selain bisa mendongkrak posisi blog Anda di search engine, hal ini juga akan memberikan trafik tambahan untuk blog Anda. Pada awal blog berdiri mungkin akan lama prosesnya untuk memperoleh posisi yang tinggi di search engine.
Namun jika Anda rajin posting serta rajin melakukan langkah-langkah SEO baik on page atau off page maka posisi kita akan semakin meningkat dan tentunya pagerank kita akan semakin meningkat juga.

Tagged: ,

1 komentar:

  1. tengkyuu ya gan artikelnya ,, saya juga masih belajar untuk yg off pagenya , masih sulit buat saya , on pagenya juga masih kurang , mohon bantuannya :-0

    Tips Trading Emas Online

    BalasHapus