ANCHOR TEXT dan LINK BUILDING
Bagaimana kawan-kawan ?? sudah mengerti kan apa yang dimaksud SEO itu ??
Jika kalian belum mengerti kalian bisa baca Mengenal SEO dan Langkah langkah mudah menerapkan SEO
Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Anchor text dan Link Building, yang mana berguna untuk pengoptimalan proses SEO
Apa itu anchor text ?
Anchor text adalah teks atau tulisan pada sebuah halaman yang berisi link menuju pada halaman yang sama atau bisa juga halaman lain yang dapat diklik. 
Penggambarannya seperti ini, ibaratkan anda memasang artikel atau pun comment dan pada kata” tersebut terdapat kata “KLIK DISINI” nah itulah anchor text. Sebuah tulisan yang dapat di klik dan mengarah ke sebuah website. Tetapi lebih disarankan untuk membuat anchor text yang lebih spesifik (seperti paragraf pertama pada artikel ini, kata Mengenal SEO dan Langkah langkah mudah menerapkan SEO merupakan anchor text).
Lebih bagus seperti ini kan, dari pada "KLIK DISINI"

Apa itu Link Building ?
Link Building Adalah Sebuah Teknik membuat rantai penghubung antar postingan, atau halaman dalam sebuah situs atau blog yang telah di buat.
Sebelum saya membahasnya lebih dalam, saya mau menjelaskan apa itu “link”. Link adalah Penghubung antar Postingan / halaman dalam sebuah Situs dan bisa juga Penghubung Antara Website / blog / situs yang satu dengan Website/ blog / situs Yang Lain, biasa di sebut Teknik Blogwalking / membuat backlink / melakukan submit directory.
Link ada 2 jenis :
Internal Linking, adalah membuat link atau navigasi (biasanya dengan menggunakan Anchor Teks) di dalam satu postingan / page yang di hubungkan ke postingan / page yang lain dengan di sertai Penjelasan di balik Link yang akan di klik oleh pengunjung dalam satu website atau blog. Sebagai contoh kata Mengenal SEO merupakan internal link namun menggunakan anchor text.
Dan teknik ini sangat di sukai oleh Search Engine karena link tersebut juga akan terbaca sebagai sebuah informasi ada apa saja dalam sebuah website atau blog yang anda buat.
Berikut tips melakukan Internal Link :
  • Buatlah navigasi yang mengandung link untuk mempermudah visitor
  • Dalam membuat link usahakan sertakan anchor teks dan gunakan kata kunci yang berkaitan agar pengunjung blog anda mudah dalam memahami link yang anda buat dan memberikan rasa ingin tahu apa yang ada dalam link yang anda buat
Eksternal Linking, adalah teknik dalam membuat atau membangun link dengan mereferensikan sebuah situs atau blog yang mengarahkan link tersebut ke situs atau blog tertentu.
Untuk teknik ini sangat power full karena jika dalam membangunnya dan benar dalam melakukannya website / situs / blog anda akan dapat di hadiahkan Pagerank dari google.
tips melakukan eksternal linking :
  • Submit blog ke direktory dan social bookmark, utamakan yang dofollow
  • Lakukan blogwalking, yaitu berkunjung ke situs lain yang masih satu jenis dengan situs anda lalu berikan komentar dan sertakan link yang akan anda tanamkan, jangan sekedar komentar berikan sesuatu komentar yang berkualitas.
  • Biasakan membuat original artikel dalam situs atau blog anda, karena jika ada yang melakukan copypaste siap-siap saja Google Panda mengindex anda dan jika Google Panda tidak suka pada situs / blog yang anda buat bisa saja peringkat anda di turunkan bahkan akan di hapus dari indeks dari hasil pencarian
  • Sebelum melakukan teknik ini usahakan anda melakukan cek pagerank website tersebut karena jika anda meninggalkan link pada situs atau blog yang buruk pageranknya maka situs anda juga terkena imbasnya
  • Untuk situs yang masih baru banget jangan lakukan teknik ini, tapi lakukan teknik internal linking terlebih dahulu.
----------------------------------------------------
Baca juga artikel lainnya
Grosir eceran murah dan aman
Pengertian Backlink dan Kegunaannya
Seo Offpage

Tagged: ,

8 komentar:

  1. thanks om, semoga dapat membantu

    BalasHapus
  2. sip saya lumayan mengerti akhirnya :)

    BalasHapus
  3. hehe kita juga bisa berdiskusi kok om disini.. mungkin dari kata" saya ada yg salah diatas bisa kita koreksi bareng" :D

    BalasHapus
  4. infonya bermanfaat... :)
    ane dikit ngerti tentang link building ama anchor text

    BalasHapus
  5. senang bisa membantu gan hehehe

    BalasHapus
  6. Informasinya bermanfaat... :)
    Sekarang saya mengerti tentang link building sama anchor text . Thanks gan

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus