BATASAN CHARACTER TITLE TAG DAN META TAG DESCRIPTION

Sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang pengertian title tag dan meta tag beserta penggunaannya. Bagi anda yang belum membacanya bisa anda lihat di Pengertian Title Tag dan Meta Tag
Kali ini kita akan membahas tentang batasan jumlah character title tag maupun meta description yang dapat dimuat di hasil pencarian google.
Title tag yang dapat di display/di munculkan oleh search engine Google hanya 70 character. Jika dalam sebuah title memuat lebih dari 70 character (termasuk spasi) maka pada tampilan Google akan terpotong.
Sebagai contoh :
Meta Description yang terpotong

Perhatikan contoh gambar diatas.
Pada title dan description yang terdapat pada tampilan Google terdapat titik-titik () yang berarti penggunaan title tag dan meta tag description telah melewati batasan jumlah character yang telah ditentukan oleh search engine Google.
Sebenarnya banyak web/blog yang menggunakan title tag dan meta description yang melebihi batas character yang telah ditentukan oleh google. Blog saya sendiri pun menggunakan description melebihi batas. Itu juga karena saya tidak tau cara memasang meta description berbeda pada tiap url. Jadi ya gitu deehhh… Tapi ga ada salahnya kan kalo saya share ><
Lalu berapa jumlah character yang pas untuk tampilan hasil pencarian pada Google ??
Batas character title pada tampilan google adalah 70 character. Jika lebih dari itu maka akan terlihat pada contoh gambar diatas. Yaitu terdapat titik-titik ()

Sedangkan batas character pada meta tag description adalah 156 karakter. Namun ada hal yang perlu diperhatikan pada bagian ini.
Perhatikan gambar.
Pada web pertama, pada bagian description terdapat sebuah tanggal yang menerangkan kapan terakhir kali web tersebut dibuat, sementara gambar kedua tidak. Perlu anda ketahui bahwa tanggal pada gambar pertama tidak dicantumkan oleh pemilik web. Tanggal tersebut dicantumkan otomatis oleh Google yang kemudian akan menjadi bagian dalam descripsi web/blog anda dan tidak ada yang tahu kapan tanggal tersebut akan muncul.
Oleh karena itu ada baiknya jika anda membuat meta description dibawah 140 character. Kenapa ?? karena sisa characternya akan kita gunakan untuk berjaga-jaga jika suatu saat  tanggal tersebut akan tercantum kedalam descripsi web/blog kita. Jika anda membuat description sebanyak 156 character lalu terdapat tanggal tersebut maka secara otomatis descripsi web anda akan terpotong. Karena tanggal tersebut akan menjadi bagian descripsi web/blog anda.
Berikut adalah contoh description pada salah satu artikel blog ini yang memiliki tanggal dan tidak terpotong.
contoh gambar yang tidak terpotong



Tagged: ,

1 komentar: